Makna Logo


Logo STIKI MAKASSAR

 

STIE Indonesia (STIKI) memiliki Lambang / Logo  yang merupakan simbol berupa :

  1. Garis warna merah sebanyak 5 (Lima) buah

Yang diartikan dan dilambangkan sebagai sinar kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa yang telah menentukan sendiri nasib, masa depan setiap makhluknya; dapat juga diartikan sebagai suatu garis 5 (lima) jembatan penghubung manusia dengan Tuhannya melalui rukun islam, dan sekaligus diartikan sebgai jumlah pendiri inti daripada Badan hukum dan lembaga pendidikannya.

  1. Dasar bentuk segi lima dengan warna biru laut

Diartikan sebagai dasar Negara Pancasila dimana STIE Indonesia (STIKI) hidup, bergerak, berusaha melaksanakan dan mencapai tujuannya. Warna biru laut dimaksudkan/diartiakan sebagai warna dari laut yang dalam, memerlukan penelitian, pengetahuan tentang isinya namun makin diteliti, diketahui makin muncul hal-hal yang masih belum diketahui, sekalipun disadari bahwa isinya lautan yang dalam itu dikelola dengan baik dapat digunakan untuk kemaslahatan rakyat, kemakmuran rakyat dan negara.

  1. Gambar Padi dan Kapas pada samping kiri dan kanan

Gambar padi terdiri atas 24 (dua puluh empat) butir diartikan sebagai tanggal berdirinya STIE Indonesia (STIKI). Gambar kapas terdiri dari 7 (tujuh) bunga yang diartikan sebagai bulan berdirinya STIE Indonesia (STIKI). Kapas megandung pengertian kesuburan yang diartikan sebagai Negara Indonesia berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa dikaruniai kesuburan; sementara gambar padi yang mengandung pengertian kemakmuran rakyat, sehingga STIE Indonesia (STIKI) yang melaksanakan pendidikan dibidang ekonomi dengan ciri keuangan berusaha menciptakan kader-kader pembangunan yang memiliki pengetahuan dan keahlian untuk mengembangkan, mengelola kesuburan tanah airnya untuk mencapai kemakmuran rakyat.

  1. Buku

Yang diartikan sebagai gudang dari pada ilmu pengetahuan khusunya pengetahuan ekonomi keuangan

  1. Gambar Benteng

Melambangkan tempat kedudukan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIKI) yakni kota Makassar (Ujung Pandang) yang merupakan bagian daripada lambang pemerintah daerah kota Makassar, benteng tersebut adalah benteng yang dibuat oleh Sultan  Hasanuddin sebagai perlindungan dalam melawan penjajahan Belanda. Bilamana diartikan makna lambang buku dan benteng tersebut, maka dapat mengandung pengertian bahwa hasil pengetahuan yang dipelajari dari buku-buku yang digunakan untuk mengelola sumber alam Negara dapat merupakan benteng yang kuat dalam membangun dan mempertahankan Negara Indonesia.

  1. Belalai

Yang dilambangkan sebagai STIE Indonesia (STIKI) membina bidang keahlian dan sekaligus melambangkan Tridarma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

  1. Gambar Kendi dengan Dasar Kuning

Mengandung pengertian bahwa kemajuan perekonomian dapat menghasilkan sumber keuangan bagi negara guna pembangunan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

  1. Pita Dasar Hitam Sebagai Dasar Alas Daripada Lambang

Diartikan sebagai percaya diri berdasarkan swadaya dan swakarsa atas ide pendirian dan pengelolaan STIE-Indonesia (STIKI).