105 Mahasiswa STIE Indonesia Makassar Ikut Pembekalan KKLP



105 Mahasiswa STIE Indonesia Makassar Ikut Pembekalan KKLP

105 mahasiswa dari dua program studi (Prodi) yakni Manajemen dan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Makassar mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP).

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus STIE Indonesia Makassar, Jalan Borong Raya ini juga dihadiri pimpinan kampus dan dosen, Sabtu (5/10/2019).

Hal ini disampaikan Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIE Indonesia, Dr Abdul Haris SE MSi, Sabtu (29/10/2109). Kata dia, pembekalan KKLP bertujuan memberi wawasan tambahan kepada mahasiswa sebelum ditempatkan di sejumlah instansi pemerintah dan maupun perusahaan swasta untuk melakukan praktek kerja lapangan.

KKLP, kata Abdul Haris, salah satu syarat bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan studi pada jenjang Strata Satu (S1). Melalui pembekalan ini, mahasiswa mendapatkan pendampingan dari dosen dalam melaksanakan KKLP dan membuat program serta laporan dari pelaksanaan kuliah kerja lapangan.

Selain itu, peserta KKLP juga mendapakan bimbingan bagaimana menulis karya ilmiah. Tak hanya itu, mahasiswa juga mendapat bimbingan soal etika kepribadian dan pengenalan dunia kerja.

“Salah satu tujuan pembekalan KKLP ini untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai praktek dalam dunia kerja, sehingga dapat memberikan bekal kepada mahasiswauntuk terjun langsung ke lapangan,” ujarnya.

“Mahasiswa yang melakukan KKLP akan memilih perusahaan atau instansi dan organisasi yang mereka minati,” tambahnya.

Pelaksanaan KKLP, jelas Haris, sangat penting bagi mahasiswa untuk menerapkan atau mengaplikasikan teori yang didapatkan di kampus untuk dikembangkan didunia kerja.

“Tujuan dari KKLP untuk mengaplikasikan teori-teori yang telah didapatkan selama proses perkuliahan. Disini mahasiswa dilatih untuk memberikan pelayanan,” terangnya.

Melalui KKLP ini, tambah Haris, mahasiswa bisa mengetahui bagaimana sebenarnya penerapan ilmu pengetahuannya terhadap dunia kerja.

Mahasiswa dapat mengenal serta mampu beradaptasi dengan lingkungan perusahaan tempat mengadakan program KKLP.

“Melalui KKLP ini, mahasiswa juga bisa menambah pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan kualitas kerja sebagai persiapan menyambut persaingan pasar bebas,” paparnya.

Manfaat dari KKLP, terang Haris, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan.

“Mahasiswa dapat melaksanakan interaksi sosial dengan rekan internal dan eksternal perusahaan. Memberikan pengalaman kerja yang baru dan pengetahuan yang baru bagi mahasiswa,” ujarnya. (*)