Berita Terbaru



Berita Terbaru

Orientasi Pengenalan Kampus atau OPEK STIE Indonesia Makassar merupakan kegiatan awal bagi  peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi. Opek merupakan kegiatan untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab STIE Indonesia Makassar untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Makassar, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait.

Adapun tujuan OPEK adalah:

  1. Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
  3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis
  6. Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggung jawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi
  7. Untuk bisa saling beradaptasi antar sesama mahasiswa.

Mahasiswa STIE Indonesia Makassar Tahun Ajaran 2019/2020 mulai mengikuti Orientasi Pengenalan  Kampus (OPEK) yang diselenggarakan Bagian Kemahasiswaan bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)  di Gedung Serba Guna (GSG) STIE Indonesia Makassar, Senin (16/9/2019).

OPEK  ini berlangsung Sehari, Yaitu Pada Senin 16 September 2019, diisi dengan berbagai kegiatan antara lain perkenalan dengan pimpinan STIE Indonesia, Perkenalan Dengan Ketua Jurusan Akuntansi dan Manajenem, Perkenalan dengan Bagian-Bagian Staf Kepegawaian, perkenalan dengan organisasi mahasiswa (Ormawa), serta pembekalan oleh para motivator dalam rangka menumbuhkan semangat kepada para mahasiswa baru agar siap menghadapi kehidupan kampus, giat menimba ilmu, mengembangkan kreativitas dan inovasi menuju gerbang kesuksesan.

Pembukaan kegiatan OPEK ini dilakukan oleh Ketua STIE Indonesia Makassar, Dr. Hj, Maryani, S.E.,M.Si, yang ditandai dengan pemakaian almamater secara simbolis oleh seluruh Dekan selingkung UNIB kepada perwakilan mahasiswa dari delapan fakultas dan serentak diikuti oleh seluruh peserta PKK.

Dalam sambutannya Ketua STIE Indonesia Makassar berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar memanfaatkan momentum ini untuk bersosialisasi antar mahasiswa, mengenal sistem kehidupan kampus, mengenal pimpinan fakultas dan  memahami sistem perkuliahan serta mengetahui organisasi mahasiswa (Ormawa) yang dapat dijadikan sebagai wadah pengembangan kemampuan organisasi dan kepemimpinan, peningkatan skill dan keterampilan selama menjalani perkualiahan.

Kepada para panitia OPEK baik Ormawa lingkup STIE Indonesia Makassar menekankan agar masa orientasi mahasiswa baru ini tidak diwarnai dengan aksi perpeloncoan, kekerasan fisik maupun mental kepada adik-adik mahasiswa baru. “Berikan pemahaman dan motivasi agar para mahasiswa baru ini nantinya mampu berprestasi yang dapat mengharumkan almamater kita,” ujar Ketua STIE Indonesia Makassar.

“Selamat datang di STIE Indonesia Makassar, semoga dengan menimba ilmu di STIE Indonesia Makassar menjadi pintu gerbang yang menghantarkan Anda menuju kesuksesan. Jadilah mahasiswa yang trampil, kreatif, inovatif serta berkarakter,” ujar Dr. Hj. Maryani, S.E.,M.Si.